SATUAN PEMBELAJARAN TERPADU
Mata
Pelajaran : A. PKn
B. B.Indonesia
Tema
: Diri Sendiri
Kelas
/ semester : II / 2
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
A. PKn
4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila
B. Bahasa
Indonesia
Menulis
4. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi
cerita dan dikte
II.
KOMPETENSI
DASAR
A. PKn
4.2. Melaksanakan perilaku jujur, disiplin dan
senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari.
B. Bahasa
Indonesia
4.2. Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan
huruf kapital dan tanda titik
III.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Siswa dapat mengidentifikasikan
sikap-sikap jujur, disiplin, dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari.
·
Siswa lebih bisa mematuhi peraturan yang
ada di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
·
Membuat siswa lebih menyenangi
pekerjaan-pekerjaanya seperti piket kelas, membantu orang tua, dan kerja bakti.
·
Siswa dapat memulai kegiatan-kegiatan
yang melatih kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan
sehari-hari.
IV.
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
·
Siswa mengidentifikasikan sikap-sikap
jujur, disiplin, dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari.
·
Siswa mematuhi peraturan yang ada di
lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
·
Siswa menyenangi pekerjaan-pekerjaanya
seperti piket kelas, membantu orang tua, dan kerja bakti.
·
Siswa memulai kegiatan-kegiatan yang
melatih kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
V.
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
-
Jujur
-
Disiplin
-
Senang bekerja
VI.
MODEL
PEMBELAJARAN
-
Role Playing
-
Cooperative learning
-
Mind mapping
VII.
MATERI
PEMBELAJARAN TERPADU
Berfokus
pada mata pelajaran PKn
Perilaku Jujur, Disiplin, dan
Senang Bekerja
dalam Kegiatan Sehari-hari
a.
Bersikap Jujur
Sikap
jujur harus kita biasakan di kehidupan sehari hari sikap jujur pun harus
diterapkan dimana saja dan kapan saja baik ketika sendiri maupun sedang banyak
orang karena walaupun sendiri kita tetap diawasi oleh Tuhan Contoh sikap jujur
di kehidupan kita, yaitu:
1. Di sekolah
|
2. Di rumah
|
3. Di masyarakat
Apakah kamu pernah dimintai tolong seseorang untuk
menunjukkan suatu tempat? apakah kamu berkata jujur atau memberikan penjelasan yang
tidak benar? jika kamu memberikan keterangan bohong berarti kamu telah
menyesatkan orang dan itu perbuatan tercela Kita harus jujur di mana pun termasuk
dalam pergaulan di masyarakat
Masih banyak contoh perilaku jujur lainnya di sekolah,
rumah, dan masyarakat. Coba berikan lagi contoh lainnya, dan jangan lupa
mulailah bersikap jujur dari sekarang ^_^
b.
Bersikap Disiplin
Disiplin adalah melaksanakan semua
kegiatan tepat pada waktunya. Disiplin adalah sikap baik yang harus
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sikap disiplin dalam kehidupan
kita yaitu:
1.
Di
rumah
a) Cara melaksanakan disiplin
diantaranya dapat dilakukan dengan:
b) belajar mengerjakan tugas sesuai
jadwal
c) menjalankan ibadah tepat waktu
d) merapikan tempat tidur
e) mandi pagi dan sore hari
f) makan tepat waktu
g) berangkat ke sekolah tidak terburu
buru dan tidak terlambat
2.
Di
sekolah
Kedisiplinan di sekolah berkaitan dengan ketepatan dan
ketertiban pada aturan sekolah beberapa contoh kedisiplinan di sekolah adalah:
a) masuk sekolah tepat waktu
b) berbaris dengan tertib
c) berseragam sesuai ketentuan sekolah
d) menaati tata tertib sekolah
e) makan di kantin bukan di tempat
ibadah
f) mendengarkan pelajaran dengan tekun
g) bermain bola di halaman bukan di
dalam kelas
h) beribadah tepat waktu
3.
Di
jalan raya
Selain di rumah dan sekolah kedisiplinan juga harus
dilakukan dalam kehidupan di masyarakat salah satunya ketika kita berada di jalan
raya pernahkah kamu melihat kecelakaan lalu lintas? penyebab terjadinya
kecelakaan antara lain karena tidak disiplin ketika berada di jalan raya. misalnya
dengan melanggar lampu lalu lintas
Semua kegiatan di atas adalah contoh perilaku disiplin dalam
kehidupan kita. Disiplin membawa kita pada kesuksesan di masa depan. Jika kamu
ingin menjadi orang sukses, maka mari biasakan hidup disiplin sejak dari kecil,
ajak juga kakak, adik dan teman-teman kamu untuk bersama-sama melaksanakan
sikap disiplin... ^_^
c.
Sikap Senang Bekerja
Sikap senang bekerja harus diterapkan di setiap kehidupan
kita, baik di rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Dimana pun kita
harus menanamkan sikap senang bekerja keras akan tetapi jenis pekerjaan dan
bagaimana orang mengerjakannya berbeda satu sama lain hal ini disesuaikan
dengan tempat dan kemampuan masing masing Contoh perilaku senang bekerja dalam
kehidupan sehari-hari yaitu:
1.
Di
rumah
Di rumah, ibu mempunyai tugas mengerjakan pekerjaan rumah. Ayah
bekerja mencari nafkah Namun ada juga yang ayah dan ibunya bekerja setiap hari pada
hari minggu biasanya semua orang libur bekerja pada hari minggu tidak
mengerjakan pekerjaan layaknya hari hari biasa oleh karena itu hari minggu dinamakan
hari libur kerja ada yang merencanakan berlibur atau hanya istirahat di rumah
saja atau ada juga yang biasanya semua anggota keluarga bekerja bakti
membersihkan rumah ada yang mencuci pakaian ada yang mengepel ada yang menyapu
halaman memotong rumput di halaman dan lain sebagainya.
Semua kegiatan tersebut merupakan pekerjaan yang dilakukan
di rumah bekerja di rumah perlu dibiasakan sebagai sarana berlatih semua
pekerjaan itu harus dilakukan dengan ikhlas senang hati bekerja dengan rajin dan
senang hati membuat segala pekerjaan menjadi ringan dan cepat selesai
2.
Di
sekolah
Sekolah adalah tempat menuntut ilmu selain itu juga sebagai tempat
untuk belajar bekerja karena sebagai sarana bekerja banyak sekali kegiatan
sekolah yang merupakan latihan bekerja contohnya adalah kegiatan piket kelas
regu piket bertanggung jawab mengenai kebersihan kelas setiap siswa harus
belajar melaksanakan kewajibannya termasuk kewajiban membersihkan kelas selain
melaksanakan piket masih ada kewajiban utama siswa yaitu belajar dengan giat dan
mengerjakan tugas tugas sekolah kamu harus membiasakan senang bekerja agar
nanti saat dewasa bisa hidup mandiri dan tidak merepotkan orang tua
3.
Di
Masyarakat
kerja bakti biasanya pekerjaan yang
dilakukan warga di hari minggu ada yang membersihkan rumput ada yang
membersihkan saluran air ada yang merapikan tanaman semua itu adalah pekerjaan di
masyarakat untuk kepentingan bersama selain membiasakan senang bekerja di rumah
dan di sekolah kamu juga harus membiasakan diri senang bekerja di masyarakat Dimanapun
kita berada, sikap senang bekerja diperlukan tentu saja disertai dengan
kesungguhan dan hati yang tulus supaya pekerjaan pun terasa ringan dan hasilnya
baik ^_^
VIII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
Awal
Waktu
: 5 Menit
1.
Mengkondisikan peserta didik
2.
Melaksanakan tugas rutin
Dalam kegiatan
ini guru:
a.
Menginstruksikan ketua kelas untuk
memimpin doa bersama.
b.
Mengecek kehadiran peserta didik
c.
Menanyakan kondisi peserta didik
d.
Memberikan motivasi dan semangat belajar
bagi peserta didik dengan bernyanyi.
3.
Melakukan apersepsi.
Contoh :
menyanyikan lagu “Bangun tidur”
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
Waktu: 45 Menit
Dalam kegiatan
eksplorasi:
a.
Guru menjelaskan aturan bermain games
“Dengar Dan Tuliskan”
-
Guru menginstuksikan peserta didik untuk
tertib berbaris dan bergantian dalam bermain
-
Guru akan membacakan satu kalimat yang
harus di tulis oleh peserta didik di lembar yang telah disediakan oleh guru.
-
Peserta didik diharapkan agar rapih,
tepat, dan benar ketika menulis
-
Peserta didik menempelkan lembar
pekerjaannya di papan tulis
-
Guru mengoreksi hasil pekerjaan peserta
didik
-
Guru memberikan skor sesuai dengan
kriteria penilaian ( kerapihan, ketepatan, dan kebenaran)
-
Guru dan peserta didik mengulangi permainan
sampai semua peserta didik kebagian berpartisipasi.
b. Peserta
didik diatur oleh guru untuk membuat kelompok menjadi 4 kelompok.
c. Setelah
berkelompok peserta didik diminta untuk berbaris dan menyiapkan alat tulis
untuk mengikuti games “Dengar Dan Tuliskan”.
d. Kemudian
peserta didik diminta untuk menuliskan apa yang di dikte kan guru dengan
memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
e. Peserta
didik menempelkan hasil pekerjaannya di papan tulis.
f. Guru
memberikan skor sesuai dengan kriteria penilaian.
g. Guru
memberikan reward
h. Guru
dan peserta didik mengulangi permainan sampai semua peserta didik kebagian
berpartisipasi.
i.
Setelah bermain “Dengar Dan Tuliskan”
peserta didik diminta untuk duduk kembali di bangkunya masing-masing
j.
Guru memberikan kegiatan kedua yaitu
mengisi lembar kerja siswa (individu) tentang “Kegiatanku”
k. Peserta
didik mengerjakan lembar kerja siswa (individu) tentang “Kegiatanku” selama 5
menit
l.
Peserta didik mengumpulkan lembar kerja
siswa (individu) tentang “Kegiatanku”
m. Guru
memberikan reward kepada masing-masing peserta didik.
n. Guru
menginstuksikan kepada peserta didik agar kembali berkelompok dan bersiap untuk
melakukan kegiatan ketiga
o. Peserta
didik berkelompok dengan tertib.
p. Guru
menjelaskan kegiatan ketiga mengenai “Membuat Map Kegiatanku”
q. Peserta
didik mengerjakan kegiatan ketiga “Membuat Map Kegiatanku” dengan tertib dan saling
bekerja sama
r.
Guru menilai keaktifan peserta didik
2. Elaborasi
Waktu:
10 Menit
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
a. Peserta
didik diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya, perwakilan setiap
kelompok dengan menggunakan kata-kata sendiri.
b. Guru
memberikan reward kepada peserta didik.
3. Konfirmasi
waktu:
5 menit
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru
a.
Guru memberikan tanggapannya tentang
hasil pekerjaan peserta didik.
b.
Guru memotivasi peserta didik dengan
memberikan reward kepada peserta didik yang telah aktif berpartisipasi dalam
kegiatan pembelajaran.
C.
Kegiatan
Akhir
Waktu:
5 menit
a. Guru
bersama peserta didik meluruskan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
IX.
ALAT
DAN SUMBER
1. Alat :
a. Barang-barang
yang ada di lingkungan kelas.
b. Karton
c. Gambar-gambar
d. Lem/perekat
e. Alat
tulis
2. Sumber :
-
http://new.kidevo.com/materi-lengkap.php?id=1008
-
Gambar yang relevan
X.
PENILAIAN
Lembar Portofolio
A. “Dengar Dan Tuliskan”
Gurumu
akan mendiktekan satu kalimat yang harus kamu tulis. Ingatlah cara menulis yang
benar, huruf kapital dan tanda titik.
Ini
adalah permainan berkelompok, maka dari itu setiap anggota kelompok harus
benar-benar memperhatikan gurumu dan bermainlah dengan jujur dan disiplin.
1.
Sikap jujur harus kita biasakan di
kehidupan sehari hari
2.
Menyontek adalah salah satu bentuk
perilaku yang tidak jujur
3.
Disiplin
adalah melaksanakan semua kegiatan tepat pada waktunya.
4. Berangkat ke sekolah tidak terburu
buru dan tidak terlambat.
5.
Penyebab terjadinya kecelakaan
antara lain karena tidak disiplin ketika berada di jalan raya.
6.
Bekerja dengan rajin dan senang hati
membuat segala pekerjaan menjadi ringan dan cepat selesai
7.
Setiap siswa harus belajar
melaksanakan kewajibannya termasuk kewajiban membersihkan kelas.
8.
Dimanapun kita berada, sikap senang
bekerja diperlukan tentu saja disertai dengan kesungguhan dan hati yang tulus.
9.
Ihsan menemukan dompet milik ibu
Susi dan Ihsan mengembalikannya.
10.
Karena menonton tv sampai larut
malam Susi terlambat masuk sekolah.
B.
Kegiatanku
Setiap hari kalian melakukan banyak
kegiatan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali. Nah sekarang isilah
tabel di bawah ini, sesuaikan kegiatanmu dengan waktunya. Kerjakan dengan
jujur!
No.
|
Waktu
|
Aku
Sedang
|
1.
|
05.00 pagi
|
Bangun tidur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Membuat Map Kegiatanku.
Gurumu akan menyiapkan
gambar-gambar mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan setiap hari. Kamu
diminta untuk menyesuaikan kegiatan-kegiatan tersebut dengan kolom sesuai
dengan suasana harinya.
PAGI
|
SIANG
|
SORE
|
MALAM
|
Contoh
beberapa gambar yang disediakan oleh guru:
v Kriteria
Penilaian
1. Produk
No
|
Aspek
|
Skor
|
1
|
Ketepatan menggunakan huruf capital dan
tanda titik ketika menulis
|
·
4
·
3
·
2
·
1
|
2. Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerjasama
·
Kadang-kadang kerjasama tidak bekerjasama
|
·
4
·
3
·
2
·
1
|
2
|
Partisipasi
|
·
Aktif berpartisipasi
·
Kadang-kadang aktif
·
Tidak aktif
|
·
4
·
3
·
2
·
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (Jumlah Skor : Jumlah Skor Maksimal) x 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar